Definisi e-bisnis
Pengertian e-business (bisnis elektronik) adalah aktivitas transaksi, jual beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau bahkan internet, sehingga perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, pemasok, atau mitra bisnis. Secara singkat dapat diartikan bahwa e-business adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan dan mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi informasi dan komunikasi dalam e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan, yang mencakup semua aspek perusahaan yang berorientasi profit atau non profit.
E-business ini juga bisa disebut periklanan sehingga konsumen tersebut dapat membeli produk perusahaan. Dengan demikian, e-business sangat bermanfaat bagi e-commerce karena fungsi e-business adalah menunjang bagian-bagian bisnis seperti manufaktur, keuangan, pemasaran, dll. Sebagai hasilnya, perusahaan juga akan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan dan mengelola bisnisnya dengan cara yang menguntungkannya.
Strategi e-bisnis di perusahaan
Di bawah ini adalah konsep atau strategi perusahaan dalam menjalankan e-business yang dapat dipecah menjadi beberapa kelompok, antara lain sebagai berikut:
ERP (Perencanaan Sumber Daya Perusahaan)
Ini adalah strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk mengoordinasikan sumber daya dan informasi untuk proses bisnis.
EAI (Program Aplikasi Perusahaan)
Ini adalah strategi bisnis untuk konsep integrasi proses bisnis yang dengannya perusahaan dapat bertukar informasi.
CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan)
Merupakan strategi bisnis untuk layanan dan perangkat lunak (software) yang ditujukan untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan pelanggan.
SCM (Manajemen Rantai Pasokan)
Merupakan strategi manajemen yang terkait dengan rantai pasokan yang secara otomatis terkomputerisasi.
Bentuk hubungan bisnis elektronik
Ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksi:
- Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha)
- Business to Consumer (perdagangan antara pelaku usaha dan konsumen)
- Konsumen ke konsumen (perdagangan antara satu (1) konsumen dengan konsumen lainnya)
- Consumer to Business (perdagangan antara konsumen dan perusahaan atau perusahaan)
- Bisnis elektronik dalam bisnis (perdagangan dalam intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi).
Alat dan media
Alat dan media atau sumber yang digunakan dalam e-bisnis antara lain sebagai berikut:
- Teknologi Informasi dan Komunikasi
- komputer
- Internet
- Kegiatan sasaran
- Aktivitas bisnis
- Proses bisnis utama
- Beli, jual, servis, transaksi.
Pembuat bisnis elektronik
Pelaku e-bisnis tersebut antara lain:
- Perusahaan
- konsumen
- Perusahaan
- pemasok
- Mitra bisnis
Keuntungan Juga menggunakan e-bisnis
Manfaat dan penggunaan e-bisnis meliputi:
- Pendekatan yang lebih aman, lebih fleksibel, dan terintegrasi
- Efisien dan efektif
- Produktivitas dan keuntungan yang lebih besar
Keuntungan yang dihasilkan dari e-bisnis
Di bawah ini adalah keuntungan yang bisa didapat dari e-bisnis, diantaranya sebagai berikut:
- Dengan melakukan perluasan pasar melalui pemanfaatan perusahaan e-bisnis atau pelaku bisnis maka pasar tersebut dapat diperluas sehingga dapat memasuki pasar nasional bahkan internasional.
- Pengusaha dapat menjangkau banyak pelanggan ini di mana pun dia berada.
- Pengurangan biaya telekomunikasi serta waktu transaksi dan penerimaan produk.
- Konsumen tersebut dapat melihat barang, spesifikasi, dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot pergi ke penjual.
- Meningkatkan citra yang baik di mata konsumen tentunya juga merupakan pelayanan yang baik, karena informasi dapat menyebar dengan cepat melalui media internet. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Kekuatan dan kelemahan e-bisnis
Di bawah ini adalah beberapa manfaat e-bisnis, di antaranya sebagai berikut:
Keunggulan e-bisnis
Di bawah ini adalah manfaat e-bisnis, termasuk yang berikut ini:
- Akses mudah
Intinya, para pebisnis hanya sangat membutuhkan koneksi internet yang layak untuk terhubung atau bahkan berinteraksi dengan konsumen secara jarak jauh maupun tidak langsung. - Lebih lanjut tentang tujuan
Para pelaku bisnis yang mengiklankan produknya juga disikapi dengan lebih terarah, sehingga konsumen juga meningkat. - untuk menghemat waktu
Jika Anda perlu bertemu konsumen atau mitra bisnis untuk berinteraksi atau melakukan transaksi, komunikasi e-bisnis ini dapat dilakukan secara online di internet untuk menghemat waktu. - Tidak membutuhkan modal terlalu banyak
Kebanyakan orang selalu beranggapan bahwa memulai bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit, terutama dalam mempromosikan penjualan produk. Sekarang dapat dilihat bahwa banyak orang dengan modal kecil melakukan bisnis di Internet atau online. Dengan modal yang kecil dan koneksi internet yang memadai, banyak orang yang bisa langsung berbisnis. Contoh bisnis di internet adalah reseller, yaitu hanya melalui penjualan kembali produk yang dijual oleh penjual lain, tentunya dengan kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya.
Kelemahan e-bisnis
Di bawah ini adalah beberapa kelemahan dalam e-business, diantaranya sebagai berikut:
- Tidak ada pertemuan tatap muka
Jadi tidak ada titik masuk antara pelaku bisnis dan konsumen, sehingga tidak ada kontak tatap muka antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu Anda harus membuat kesepakatan terlebih dahulu. - Ada resiko penipuan
Karena transaksi ini tidak dilakukan secara langsung atau secara langsung, terdapat risiko penipuan, terutama bagi pebisnis yang belum berpengalaman yang baru mengenal bisnis di Internet. Namun, saat ini ada banyak cara untuk menghindari penipuan. Salah satunya dengan menggunakan transaksi rekening bersama agar bertransaksi juga lebih aman.
Elemen bisnis elektronik
Di bawah ini adalah elemen-elemen dalam e-bisnis, termasuk yang berikut ini:
- orang bisnis
Diantaranya adalah organisasi, produsen atau perusahaan, pemasok, mitra bisnis, konsumen, dll.
Alat, media, atau sumber daya yang digunakan
Ini termasuk teknologi informasi dan komunikasi (komputer, internet, dll.). - Aktivitas dan tujuan
Ini mencakup aktivitas / aktivitas serta proses bisnis (layanan, penjualan & transaksi) serta area bisnis utama.
Hasil
Ini termasuk komunikasi, koordinasi, pemrosesan organisasi, transformasi proses bisnis dan pertukaran informasi. - Beberapa keuntungan yang bisa diraih
Ini termasuk pendekatan yang relatif lebih aman, keuntungan lebih tinggi, lebih banyak fleksibilitas, efisiensi, produktivitas yang lebih tinggi, bisnis terintegrasi, dll.
Contoh untuk e-bisnis
Beberapa contoh e-business saat ini adalah surat kabar atau media cetak yang sudah online. Jadi bukan hanya tentang media cetak. Namun banyak media cetak yang menjalankan usahanya tidak hanya melalui media cetak tetapi juga melalui media online di internet, dan tentunya banyak keuntungan yang bisa diraih misalnya: berita dapat diakses setiap saat oleh seluruh masyarakat. Serta yang lebih update News dll. Kemudian misalnya toko fashion yang menjalankan usahanya tidak hanya di dunia nyata, tapi juga online.
Demikian penjelasan mengenai pentingnya e-bisnis, strategi, manfaat, elemen dan contoh, semoga yang telah dijelaskan diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih
Sumber :