Traffic merupakan salah satu tujuan utama ketika ingin membangun sebuah halaman web. Jumlah kunjungan berbanding lurus dengan kualitas konten yang disajikan dalam sebuah halaman. Bahkan, traffic juga hal utama yang diincar dalam melakukan pemasaran di pasar digital.
Oleh karena itu, memahami jenis digital marketing sangat penting bagi pemula. Hal ini agar sasaran pengunjung, tingginya traffic, dan pemasaran yang dilakukan dapat berjalan dengan lebih optimal lagi.
Untuk itu, kenalilah 3 jenis digital marketing untuk pemula seperti berikut ini:
Optimasi Mesin Pencari (SEO)
Hal pertama yang harus dipelajari jika ingin mengetahui tentang pemasaran digital adalah optimasi mesin pencari. Apa, sih, keuntungan melakukan melakukan SEO alias optimasi mesin pencari ini? Ya, banyak dong!
SEO dapat mempengaruhi keberadaan situs yang dikelola dalam halaman Google. Jadi, seandainya ada 100 situs yang membuat konten dengan tema serupa, yang menerapkan optimasi mesin pencari paling baiklah yang akan muncul di halaman pertama Google.
Jika sebuah situs masuk ke dalam halaman pertama, bukankah secara tidak langsung traffic akan mengalir lancar dan pemasaran digital lebih optimal?
Pay Per Click
Ini adalah layanan iklan yang dilakukan Google agar traffic website muncul di halaman teratas. Sama seperti namanya, pay per click dapat berarti sebagai bayaran per klik. Yang artinya, pemilik website harus membayar setiap kali ada pengguna internet yang mengklik halaman yang dipasangi PPC.
Meskipun berbayar, tetapi sebenarnya PPC cukup efektif untuk meningkatkan traffic dan mendongkrak tinggi bisnis yang dikelola. Terutama bagi pemula.
Email Marketing
Terhubung langsung dengan konsumen melalui email marketing. Jika traffic website yang dikelola sudah cukup tinggi dan memperoleh banyak sekali kunjungan, usahakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Salah satu caranya adalah melakukan email marketing.
Email marketing dipercaya sebagai salah satu cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Tetapi hati-hati, jangan sampai email marketing yang dilakukan justru dianggap spam oleh pemilik email.
Ketiga jenis digital marketing di atas harus diimbangi dengan adanya konten marketing. Jika diibaratkan kendaraan, maka konten marketing adalah bahan bakar dari kendaraan tersebut. Nah, buatlah konten yang berkualitas agar mengimbangi proses digital marketing yang dilakukan.
Itulah beberapa jenis digital marketing yang bisa dilakukan pemula. Semoga bermanfaat.
Sumber :