Di awal usianya yang ke-11 ini, Gojek memperkenalkan tiga inovasi layanan utamanya. Yaitu transportasi, pengiriman makanan dan logistik yang hadir untuk memberikan solusi sehari-hari dan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat.
Kehadiran ketiga layanan utama Gojek ini diyakini dapat meningkatkan efisiensi bisnis mitra UMKM dan memperluas peluang bagi mitra pengemudi untuk meningkatkan pendapatan.
Gojek mendorong inovasi di tiga layanan utama ini dan dengan cepat menjadi andalan
Baca juga:
– Riset LD FEB UI: Kontribusi Gojek dalam mendongkrak PDB Indonesia
– Kolaborasi Xiaomi dan Gojek, memfasilitasi aktivitas melalui teknologi
– Hibah berbagai alat kesehatan, Gojek perkuat Prokes di 80 sekolah
– Gojek salurkan bantuan sembako kepada mitra driver mencapai Rp 260 miliar
Berbagai inovasi baru di ketiga layanan utama tersebut akan semakin menjadikan Gojek
sebagai andalan masyarakat dimana saat ini aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali (per Juni 2021).
Kajian terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memperkirakan kontribusi ekonomi dari ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (tidak termasuk Tokopedia) sekitar 1,6% dari PDB Indonesia 249 triliun Rp pada tahun 2021.
Kontribusi ekonomi ini meningkat sebesar 60% dibandingkan tahun sebelumnya.
Riset yang sama juga mengungkapkan mayoritas konsumen Gojek setia, sebanyak 86% pelanggan tetap menggunakan layanan Gojek meski tanpa promosi.
Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek, mengatakan dalam konferensi pers hari ini: “Sejak Gojek lahir 11 tahun lalu, inovasi telah menjadi bagian dari DNA kami. Inovasi dan teknologi terkini terus kami hadirkan untuk menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan masyarakat sehari-hari. Meski di tengah pandemi, kami tidak berhenti menghadirkan solusi untuk membantu masyarakat beradaptasi. Inovasi dalam tiga layanan inti yang kami luncurkan hari ini secara intrinsik terkait dengan nilai-nilai tersebut. Kami percaya bahwa melalui inovasi, kami dapat terus mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk dukungan dari jutaan mitra. Para penggerak dan mitra usaha kami, khususnya pemangku kepentingan UMKM, untuk terus tumbuh meski di tengah pandemi.”
1. Inovasi GoFood menghadirkan pengalaman kuliner terbaik
Didukung oleh GliaStudio
Sebagai pemimpin dalam layanan pesan antar bahan makanan online, GoFood memiliki banyak inovasi untuk menawarkan pengalaman bersantap terbaik kepada pelanggan.
Salah satu inovasi terbaru GoFood yang digemari masyarakat adalah fitur GoFood PLUS dan Pesan Serentak yang terbukti membuat pelanggan semakin loyal dan mengandalkan GoFood.
Kedua atribut ini memperkuat posisi GoFood sebagai layanan pesan antar bahan makanan murah. GoFood PLUS adalah paket berlangganan diskon langsung sehingga Anda dapat menikmati berbagai kuliner lezat dengan harga terjangkau, termasuk diskon ongkos kirim.
Fitur ini terus menjadi andalan pelanggan karena jumlah pelanggan GoFood PLUS hampir berlipat ganda dari Januari hingga Juni 2021.
Sementara itu, fitur Simultaneous Order memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari beberapa restoran sekaligus di satu tempat. Sejauh ini sudah ada 41 lokasi di 7 kota besar antara lain Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Ekspansi situs untuk pesanan bersamaan telah meningkat delapan kali lipat
Diperkenalkan September 2020.
Kevin mengatakan, “GoFood tidak hanya memanjakan pelanggan dengan pengalaman bersantap terbaik, tetapi juga mendorong koneksi dengan peritel UMKM lokal melalui teknologi personalisasi data yang memungkinkan pelanggan menerima rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang berlokasi dekat dengan lokasi pelanggan, sesuai preferensi mereka. Pendekatan hyper-local ini menawarkan pedagang UMKM akses yang lebih luas ke pelanggan, sehingga meningkatkan peluang pendapatan mereka.”
Seolah belum cukup, GoFood juga membantu mitra UMKM berkembang dengan mengisi aplikasi mitra usaha GoBiz dengan fitur inovatif BizTips yang berisi berbagai tips sukses menjalankan usaha mandiri. Fitur ini efektif untuk membantu mitra UMKM kuliner
untuk menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik dan lebih efisien.
Berkat berbagai inovasi tersebut, GoFood terus menjadi platform andalan tidak hanya bagi pelanggan tetapi juga mitra bisnis untuk go online dan mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi:
Saat ini terdapat 1 juta mitra usaha kuliner yang menggunakan GoFood, 99% di antaranya di sektor UMKM.
Ditemukan bahwa pada tahun 2020 250.000 G baru
Baca Juga :
https://produkumkmjember.id
https://pppptkpertanian.id
https://plnlabuhanangin.co.id
https://kimo.co.id
https://polresbangli.id